Definisi “Belajar”
menurut para ahli, antara lain sebagai berikut:
1.)
WINKEL
Belajar adalah semua
aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam
lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.
2.)
ERNEST R. HILGARD dalam (Sumardi Suryabrata, 1984:252)
Belajar merupakan proses
perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan,
yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.
3.)
GAGNE dalam bukunya The Conditions of Learning
1977
Belajar merupakan
sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang
keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan
sesudah melakukan tindakan yang serupa itu. Perubahan terjadi akibat
adanya suatu pengalaman atau latihan. Berbeda dengan perubahan serta-merta
akibat refleks atau perilaku yang bersifat naluriah.
4.)
MOH. SURYA (1981:32),
Belajar
adalah suatu proses
usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku
yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Kesimpulan yang bisa diambil dari
kedua pengertian di atas, bahwa pada prinsipnya, belajar adalah perubahan dari
diri seseorang.
5.) ERNEST H. HILGARD
Belajar adalah dapat melakukan sesuatu yang dilakukan sebelum ia belajar atau bila kelakuannya berubah sehingga lain caranya menghadapi sesuatu situasi daripada sebelum itu.
Belajar adalah dapat melakukan sesuatu yang dilakukan sebelum ia belajar atau bila kelakuannya berubah sehingga lain caranya menghadapi sesuatu situasi daripada sebelum itu.
6.) NOTOATMODJO
Belajar adalah usaha untuk menguasai segala sesuatu yang berguna untuk hidup.
Belajar adalah usaha untuk menguasai segala sesuatu yang berguna untuk hidup.
7.) AHMADI A
Belajar adalah proses perubahan dalam diri manusia.
Belajar adalah proses perubahan dalam diri manusia.
8.) OEMAR H.
Belajar adalah bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara berperilaku yang baru berkat pengalaman dan latihan.
Belajar adalah bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara berperilaku yang baru berkat pengalaman dan latihan.
9.) CRONBACH
Belajar sebaik-baiknya adalah dengan mengalami dan dalam mengalami itu menggunakan panca indranya.
Belajar sebaik-baiknya adalah dengan mengalami dan dalam mengalami itu menggunakan panca indranya.
10.) NOEHI
NASUTION
Belajar adalah suatu proses yang memungkinkan timbulnya atau berubahnya suatu tingkah laku sebagai hasil terbentuknya respon utama, dengan syarat bahwa perubahan atau munculnya perilaku baru itu bukan disebabkan oleh adanya kematangan atau adanya perubahan sementara karena suatu hal.
Belajar adalah suatu proses yang memungkinkan timbulnya atau berubahnya suatu tingkah laku sebagai hasil terbentuknya respon utama, dengan syarat bahwa perubahan atau munculnya perilaku baru itu bukan disebabkan oleh adanya kematangan atau adanya perubahan sementara karena suatu hal.
11.) SNELBECKER
Belajar adalah harus mencakup tingkah laku dari tingkat yang paling sederhana sampai yang kompleks dimana proses perubahan tersebut harus bisa dikontrol sendiri atau dikontrol oleh faktor-faktor eksternal.
Belajar adalah harus mencakup tingkah laku dari tingkat yang paling sederhana sampai yang kompleks dimana proses perubahan tersebut harus bisa dikontrol sendiri atau dikontrol oleh faktor-faktor eksternal.
12.) WHITERINGTON
Belajar adalah suatu proses perubahan dalam kepribadian sebagaimana dimanifestasikan dalam perubahan penguasaan pola-pola respontingkah laku yang baru nyata dalam perubahan ketrampilan, kebiasaan, kesanggupan, dan sikap.
Belajar adalah suatu proses perubahan dalam kepribadian sebagaimana dimanifestasikan dalam perubahan penguasaan pola-pola respontingkah laku yang baru nyata dalam perubahan ketrampilan, kebiasaan, kesanggupan, dan sikap.
13.) JAMES O. WHITTAKER
Belajar adalah Proses dimana tingkah laku ditimbulkan
atau diubah melalui latihan atau pengalaman.
14.) HOWARD L. KINGSKEY (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar;
Rineka Cipta; 1999)
Belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan
atau diubah melalui praktek atau latihan.
15.) DRS.
SLAMETO (Djamarah, Syaiful Bahri,
Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999)
Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan
individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara
keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri di dalam
interaksi dengan lingkungannya.
16.) HERBART
(swiss)
Belajar adalah suatu proses pengisian jiwa dengan
pengetahuan dan pengalamn yang sebanyak-banyaknya dengan melalui hafalan.
17.) ROBERT
M. GAGNE dalam buku: the conditioning of learning mengemukakan bahwa:
Learning is change in human disposition or capacity, wich persists over a
period time, and which is not simply ascribable to process a groeth. Belajar
adalah perubahan yang terjadi dalam kemampuan manusia setelah belajar secara
terus menerus, bukan hanya disebabkan karena proses pertumbuhan saja. Gagne
berkeyakinan bahwa belajar dipengaruhi oleh faktor dari luar diri dan faktor dalm
diri dan keduanya saling berinteraksi.
18.) LESTER
D. CROW AND ALICE CROW
Belajar adalah acuquisition of habits, knowledge and
attitudes. Belajar adalah upaya-upaya untuk memperoleh kebiasaan-kebiasaan,
pengetahuan dan sikap.
19.) NGALIM PURWANTO (1992)
Belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap
dalam tingkah laku, yang terjadi sebagi hasil dari suatu latihan atau
pengalaman.
20.) THURSAN
HAKIM (2005:1),
Belajar adalah suatu
proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut
ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku
seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman,
keterampilan, daya pikir, dan lain-lain kemampuan.
21.) SKINNER dalam Dimyati dan Mudjiono (1999:9),
Belajar merupakan
hubungan antara stimulus dan respons yang tercipta melalui proses tingkah laku.
22.) ANNI (2004:4)
Belajar merupakan proses paling penting bagi
perubahan perilaku manusia dan ia mencakup segala sesuatu yang dipikirkan dan
dikerjakan.
23.) HARUN
NASUTION (2000:34)
Belajar adalah sebagai perubahan kelakuan
berkat pengalaman dan latihan.
24.) M. SOBRY SUTIKNO
Belajar merupakan suatu proses usaha yang
dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh suatu perubahan yang baru sebagai
hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
25.) HILGARD dan BOWER
Belajar berhubungan dengan perubahan tingkah
laku seseorang terhadap sesuatu situasi tertentu yang disebabkan oleh
pengalamannya yang berulang-ulang dalam suatu situasi.
26.) DARSONO (2001:4)
26.) DARSONO (2001:4)
Belajar adalah suatu aktivitas mental atau
psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang
menghasilkan perubahan dalam pengetahuan-pemahaman, keterampilan dan nilai
sikap.
27.) Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2003 : 729)
Menyebutkan ”belajar adalah berusaha
memperoleh kepandaian atau ilmu tertentu dengan tergantung pada kekuatan
harapan bahwa tindakan tersebut akan diikuti oleh suatu hasil tertentu dan pada
daya tarik hasil itu bagi orang bersangkutan”.
28.) LISNAWATY SIMANJUNTAK (1998: 38)
Belajar adalah perubahan yang relatif menetap
dalam potensi tigkah laku yang terjadi sebagai akibat dari latihan dengan
penguatan yang tidak termasuk perubahan-perubahan karena kematangan, kelelahan,
dan kerasukan pada susunan syaraf atau dengan kata lain mengetahui dan memahami
sesuatu sehingga terjadi perubahan dalam diri seseorang yang belajar.
29.) ISCHAK dan WARJI R. (2002: 14)
Mengemukakan bahwa ” apabila waktu yang
disediakan cukup dan pelayanan terhadap faktor ketahuan, kesempatan belajar,
kualitas pengajaran dan kemampuan memahami pelajaran maka setiap siswa akan
mampu menguasai materi pelajaran yang diberikan”.
30.) SARDIMAN (2010:20)
Belajar sebagai usaha
penguasaan materi ilmu pengetahuan yang merupakan sebagian kegiatan menuju
terbentuknya kepribadian seutuhnya. Selanjutnya Slameto (2010:2)
menyatakan dalam bukunya bahwa belajar adalah suatu proses usaha
yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku secara
keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi
dengan lingkungannya. Selain itu Sardiman (2010: 20) menyatakan bahwa belajar
merupakan suatu perubahan tingkah laku atau penampilan, dengan serangkaian
kegiatan misalnya dengan membaca, mengamati, mendengarkan, meniru dan lain
sebagainya.
31.) TRIANTO (2010:16),
Belajar terjadi melalui banyak cara baik
disengaja maupun tidak disengaja dan berlangsung sepanjang waktu dan menuju
pada suatu perubahan pada diri pembelajar.
32.) MARGARET GREDLER, 1994.
Belajar adalah
proses orang memperoleh berbagai kecakapan, keterampilan, dan sikap. Sehingga
peserta didik dapat mengetahui hal-hal yang baru dan dapat meningkatkan
pengetahuan yang dimilikinya, mengubah dari tidak tahu menjadi tahu, dari yang
salah menjadi benar, dan dari kurang baik menjadi baik.
33.) RIBERU, 1982.
Belajar
merupakan proses dan dalam proses ini orang berkenalan dengan salah satu pola
lajkuatau memperbaiki salah satu pola laku yang telah dikuasainya. Belajar bisa
berarti berkenalan dengan atau memperbaiki pemikiran, berkenalan dengan atau
memperbaiki turturan bicara, berkenalan dengan atau memperbaiki
tindakan/kegiatan.
34.)
MC. BEACH ( Lih Bugelski 1956 )
Memberikan
definisi mengenai belajar. “Learning
is a change performance as a result of practice”. Ini berarti bahwa
belajar membawa perubahan dalam performance, dan perubahan itu sebagai akibat
dari latihan ( practice ).
35.) MORGAN, dkk (
1984 )
Memberikan
definisi mengenai belajar “Learning
can be defined as any relatively permanent change in behavior which accurs as a
result of practice or experience.” Yaitu bahwa perubahan perilaku
itu sebagai akibat belajar karena latihan (practice) atau karena
pengalaman ( experience ).
36.) KIMBLE
Memberikan definisi belajar “Learning is
a relative permanent change in behavioral potentiality occur as a result of
reinforced practice. Dalam definisi tersebut terlihat adanya sesuatu hal baru
yaitu perubahan yang bersifat permanen, yang disebabkan oleh reinforcement
practice.
37.) HORGEN (1984)
Memberikan definisi mengenai belajar
“learning can be defined as any relatively, permanent change in behavior which
occurs as a result of practice or experience” suatu hal yang muncul dalam
definisi ini adalah bahwa perilaku sebagai akibat belajar itu disebabkan karena
latihan atau pengalaman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar