Mekanisme Bimbingan Penyuluhan


MEKANISME DAN TUGAS PERSONALIA BIMBINGAN PENYULUHAN DI SEKOLAH

            Untuk kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan program bimbingan di sekolah perlu ditunjang oleh tersedianya fasilitas dan personal yang memadai. Guna lancarnya pelaksanaan bimbingan di sekolah berikut ini diuraikan meknisme kerja bimbingan antara lain sebagai berikut :

1.      Kepala Sekolah
-          Membuat rencana/program sekolah secara menyeluruh
-          Mendelegasikan tanggung jawab tertentu dalam pelaksanaan bimbingan penyuluhan
-          Mengawasi pelaksanaan program
-          Menyediakan dan melengkapi kebutuhan fasilitas bimbingan dan penyuluhan
-          Mengadakan hubungan dengan lembaga-lembaga di luar sekolah dalam rangka kerja sama pelaksanaan bimbingan
-          Memberikan tanggung jawab ke dalam dan keluar
-          Mengkoordinasikan kegiatan bimbingan dengan kegiatan-kegiatan lainya

2.      PenyuluhanPendidikan/Koordinator Bimbingan
-          Bersama kepala sekolah menyusun program BP
-          Memberikan garis-garis kebijaksanaan umum mengenai kegiatan BP
-          Bertanggung jawab terhadap jalannya program
-          Mengkoordinir laporan kegiatan kepala sekolah
-          Membantu siswa untuk memahami dan mengadakan penyesuaian kepada diri sendiri
-          Lingkungan sekolah dan lingkungan social yang makin lama makin berkembang
-          Menerima dan mengklarifikasikan informasi pendidikan dan lainya yang diperoleh dan penyimpanannya sehingga menjadi catatan komulatif siswa.
-          Menganalisa dan menafsirkan data siswa guna mendapatkan suatu rencana tindakan positif terhadap siswa.
-          Menyelenggarakan pertemuan staf
-          Melaksanakan bimbingan kelompok dan penyuluhan individual.
-          Memberikan informasi pendidikan dan jabatan kepada siswa dan menafsirkannya untuk keprluan perencanaan pendidikan dan jabatan.
-          Mengadakan konsultasi dengan instansi-instansi yang berhubungan dengan program BP dan memimpin usaha pendidikan masyarakat di sekitar sekolah untuk mengetahui lapangan-lapangan kerja yang terbuka.
-          Bersama guru membantu siswa memilih pengalaman atau kegiatan-kegiatan kurikuler yang sesuai dengan minat, bakat dan kebutuhan.
-          Membantu guru dan menyusun pengalaman belajar dan membuat penyesuaian metode mengajar yang sesuai dengan sifat keadaan masing-masing siswa
-          Mengadakan penelaahan lanjutan terhadap siswa yang keluar sebelum tamat dan melakukan konsultasi dengan orang tua siswa serta mengadakan kunjungan rumah ( Home Visit ).
-          Mengadakan pembicaraan khusu ( Case Comperence )
-          Mengadakan wawancara dengan siswa
-          Menyelenggarakan program latihan bagi para petugas BP
-          Melakukan relefan kepada ahli yang lebih berwenang..

3.      Guru Penyuluh atau Wali Kelas
-          Mengumpulkan data tentang siswa
-          Menyelenggarakan bimbingan kelompok
-          Menyelenggarakan penyuluhan
-          Meneliti kemajuan dan perkembangan siswa ( Akademis, Sosial, Fisik, dan Pribadi )
-          Mengawasi kegiatan siswa di kelas dan di rumah
-          Mengadakan kegiatan orientasi
-          Memberikan keterangan kepada siswa
-          Mengatur dan menempatkan siswa
-          Mengawasi hubungan sosial siswa dengan individu lainnya dilihat dari berbagai segi seperti frekwensi pergaulan,intensitas pergaulan dan popularitas pergaulan
-          Bekerjasama dengan penyuluhan pendidikan dalam pengumpulan data dan pemeriksaan kesehatan serta serta psykologis oleh tim ahli dari masing-masintg bidang
-          Mengidentifikasi siswa yang memerlukan bantuan
-          Ikut serta atau menyelenggarakan sendiri case comperence



4.      Guru atau Pengajar
-          Turut serta aktif membantu melaksanakan kegiatan BP
-          Memberi informasi tentang siswa kepada staf BP
-          Memberi pelayanan intruksional ( pelajar )
-          Berpartisifasi dalam case comperence
-          Memberikan informasi kepada siswa
-          Meneliti kemajuan dan kesulitan siswa
-          Menilai hasil-hasil kemajuan siswa
-          Mengadakan hubungan dengan orang tua siswa
-          Bekerja sama dengan penyuluh pendidikan dalam pengumpulan data dan mengidentifikasikan masalah siswa
-          Membantu memecahkan masalah siswa
-          Melakukan relefal, yaitu mengirimkan masalah siswa yang tidak dapat diselesaikan kepada penyuluh pendidikan
-          Mengidetifikasikan, menyalurkan dan membina bakat
-          Menyelenggarakan program remediall ( Remedial Teaching )

5.      Petugas Administrasi BP
-          Mengisi kartu pribadi siswa ( culmulative Record )
-          Menyimpan catatan-catatan dan data lain
-          Menyelesaikan laporan dan pengumpulan data dan surat pemberitahuan
-  Menyiapkan alat-alat formulir pemgumpulan data seperti angket, pedoman obsevasi, wawancara,riwayat hidup siswa, daftar isian sosiometri, sosiogram,home visit, panggilan orang tua, pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan psykologis.