Senin, 06 Juni 2011

HEREDITAS DAN PENGARUH LINGKUNGAN


HEREDITAS DAN PENGARUH LINGKUNGAN

 Faktor hereditas merupakan factor pertama yang mempengaruhi perkembangan individu. Dalam hal ini hereditas diartikan sebagai totalitas karakteristik individu yang diwariskan orang tua kepada anak atau segala potensi, baik fisik maupun psikis yang dimiliki individu sejak masa konsepsi ( pembuahan ovum oleh sperma ) sebagai pewarisan dari pihak orang tua melalui gen – gen. Penurunan sifat-sifat ini mengikuti prinsip-prinsip berikut :
a. Reproduksi
Penurunan sifat-sifatnya hanya berlangsung melalui sel benih.
b. Konformitas (keseragaman)
Proses penurunan sifat akan mengikuti pola jenis ( spesies ) generasi sebelumnya, misalnya manusia akan menurunkan sifat-sifat manusia kepada anaknya.
c. Variasi
Karena jumlah gen-gen dalam setiap kromosom sangat banyak , maka kombinasi gen– gen pada setiap pembuahan akan mempunyai kemungkinan yang banyak pula. Dengan demikian , untuk setiap proses penurunan sifat akan terjadi penurunan yang beraneka ( bervariasi ) antara kakak dan adik mungkin akan berlainan sifatnya.
d. Regresifillial
Penurunan sifat cenderung kearah rata-rata.

Lingkungan sangat berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Lingkungan adalah keluarga yang mengasuh dan membesarkan anak, sekolah tempat mendidik, masyarakat tempat anak bergaul juga bermain sehari-hari dan keadaan sekitar dengan iklimnya, flora dan faunanya. Besar kecilnya pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan dan perkembangannya bergantung pada keadaan lingkungan anak itu sendiri serta jasmani dan rohaninya. Faktor ini mencakup:
a.        Keluarga
b.        Sekolah
c.        Masyarakat
d.        Teman sabaya, dan
e.        Keadaan alam sekitar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar